Nasi Jamblang Makanan Khas Cirebon

Tidak ada komentar
Inspirasi Resep Masakan - Nasi Jamblang Makanan Khas Cirebon

Bila anda mampir ke kota cirebon, jawa barat. jangan lupa mencicipi makanan khas cirebon yang sering disebut nasi jamblang alias sega jamblang.

Nasi Jamblang Makanan Khas Cirebon

Sejarah Singkat Nasi Jamblang

nasi jamblang di mulai pada tahun 1847, berawal dari pemerintahan kolonial belanda yang membangun sebuah pabrik gula di wilayah gempol palimanan dan pabrik spirtus di wilayah palimanan.

Dengan dibangunya pabrik di wilayah tersebut, membutuh banyak tenaga kerja yang berasal dari warga di wilayah kewedenan palimanan, plumbon dan daerah sekitarnya.

Pada saat itu banyak pekerja yang bekerja untuk membangun pabrik, pekerja datang pagi-pagi sekali untuk membangun pabrik, namun pekerja kebingungan apabila ingin sarapan pagi karena pada waktu itu belum ada warung nasi.

Dan pada akhirnya ada seorang warga yang bernama "ki antara" (H. Abdulatif) dn istrinya Ny. Pulung (Ny. Tan Piauw Lun) yang memberanikan diri memberi sedekah berupa nasi bungkus kepada para pekerja pabrik, rupanya hal ini menyebar ke beberapa pekerja pabrik yang meminta sarapan pagi, Ny. pulung selalu menolak pemberian uang dari para pekerja, sampai akhrinya para pekerja sepakat memberikan imbalan ala kadarnya kepada Ny. pulung sebagai rasa terima kasih.

Nasi Jamblang

Sebenarnya, nasi jamblang atau sering di sebut sega jamblang ini adalah nasi yang dibungkus daun jati, kemudian dimakan bersama dengan lauk-pauk khasnya seperti rendang kecap, tahu air, sate kentang, sambel goreng, paru goreng, perkedel kentang, ikan asin, telur jamblang, cumi hitam, tempe, tahu, sate usus dan lain-lain.

Nasi jamblang ini menyugukan menu lauk yang banyak sebagai variasi makannya.

Alasan Nasi Jamblang Menggunakan Daun Jati sebagai Pembungkusnya

Bermula dari para pekerja pabrik yang menggunakan daun jati sebagai pelindung daari terik sinar matahari, daari situlan Ny. Pulung memberikan perbedaan Pembungkus Nasi jamblang dengan Makanan Khas Lainnya.

di samping sebagai pembungkus makanan, daun jati di pilih karena tekstur daun jati yang tidak mudah sobek, rusak, dan memiliki pori-pori yang menjaga nasi didalam nya tidak cepat basi.

Related Posts: Nasi Jamblang Makanan Khas Cirebon

Tidak ada komentar: Nasi Jamblang Makanan Khas Cirebon